Tips Cinta Beda Agama, Bagaimana Menjalaninya dan Apa Konsekuensinya?

Tips Cinta Beda Agama, Bagaimana Menjalaninya dan Apa Konsekuensinya?

Cinta itu adalah hubungan yang sangat unik, saking uniknya kita tidak pernah tahu akan jatuh cinta dengan siapa kelak, bahkan ada pula yang menjalani cinta beda agama. Hmmm, hubungan cinta beda agama memang sangat berat bila dijalankan.

Tak heran banyak kasus cinta beda agama akan berakhir pada perpisahan. Padahal, bila dijalankan secara baik, pantang menyerah dan terus berjuang, hubungan cinta beda agama bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dijalankan.

Mungkin di antara kalian saat ini ada yang sedang menjalankan hubungan cinta beda agama, atau sedang pendekatan (PDKT) dengan seseorang yang beda agama?

Nah untuk membantu kalian belajardrcinta.com mau kasih tips cinta beda agama, agar kalian bisa menjalankan hubungan cinta kalian.

Oh yah gak cuma itu, selain tips cinta beda agama, belajardrcinta.com juga akan memberitahu konsekuensi atau risko dari hubungan cinta beda agama.

So, apa aja tips cinta beda agama, simak langsung yuk ulasannya di bawah ini.

Saling Menghargai dan Tidak Menganggap Agamamu yang Paling Baik

Kalian sudah tahu bahwa pandangan dan agama kalian berbeda. Maka kalian harus saling menghargai perbedaan di antara kalian. Kalian boleh berdiskusi soal agama, tapi janganlah menganggap agama kalian yang paling baik, karena hal tersebut bisa berujung pada percekcokan. 

Ingat agama adalah sesuatu yang sakral. Dan tidak semua orang bisa menerima bila agama yang dianutnya direndahkan. 

Agar semakin langgeng, kamu justru harus mengetahui kebiasaan atau tata cara agama yang dianut oleh pasangan kamu. Bahkan kamu perlu mengingatkan pasanganmu bila dia lupa melaksanakan ibadah. Atau bahkan turut merayakan hari besar agama pasanganmu, untuk menghormati dia dan keluarganya. 

Memahami Agama yang Dianut Pasanganmu

Memahami agama yang dianut oleh pasanganmu adalah sesuatu hal yang baik.  Dengan memahami aktivitas agama pasanganmu kamu jadi mengetahui kapan dan bagaimana cara dia beribadah. 

Bila kamu seorang non muslim dan pasangan kamu seorang muslim, kamu dapat bertanya kepadanya tentang puasa, lebaran, salat tahajud dan sebagainya. Dengan memperoleh informasi tersebut kamu membantu pasanganmu untuk menjalankan ibadah. 

Misalnya dengan membelikan sajadah baru, baju koko baru, menghargai dia dengan tidak makan dan minum saat berpuasa dan sebagainya. Begitupun sebaliknya, pasanganmu yang muslim akan menghormati kamu saat kamu sedang melaksanakan ibadah di gereja, melaksanakan paskah dan natal. 

Terlibat dalam Kegiatan Agama Pasanganmu

Hal lain yang bisa kamu lakukan dalam menjalani cinta beda agama adalah ikut terlibat dalam kegiatan agama pasanganmu. Terlibat di sini bukan berarti kamu menganut agama pasanganmu yah. Terlibat yang dimaksud misalnya, ikut mengantarkan pasanganmu ke gereja dan menunggunya hingga kegiatan ibadahnya selesai. 

Begitupula sebaliknya. Saat lagi kamu lagi jalan dengan dia di Hari Jumat, mintalah dia untuk pergi ke masjid guna melaksanakan ibadah salat Jumat dan kamu menunggunya di dalam mobil. 

Jangan Pernah Paksakan Keyakinan

Wah kalau kamu atau pasanganmu sampai melakukan hal ini, ujungnya sudah bisa ditebak: putus cinta. Perlu kamu ingat, agama itu sesuatu yang sakral dan sensitif. Sehingga kamu tidak bisa memaksakan keyakinanmu kepadanya. Ingat, pasanganmu itu dibesarkan dengan agama dan budaya yang berbeda dengan kamu. Sehingga akan sulit baginya untuk menerima sesuatu hal yang baru, apalagi berkaitan dengan keyakinan. 

Selain konflik di antara kamu berdua, kamu juga akan menghadapi masalah baru, yaitu persoalan dengan keluarga pasanganmu. Hubungan kamu bisa tidak direstui, bahkan dilarang keluarga untuk bertemu lagi dengan pasangan kamu. 

Penjelasan di atas adalah tips cinta beda agama yang mungkin bisa kamu terapkan. Tapi ingat, hubungan beda agama adalah hal yang sulit untuk dijalankan, karena banyak faktor yang menjadi penghalangnya, seperti keluarga dan budaya. 

Ada tiga konsekuensi yang bisa kalian jalankan bila saat ini tengah menjalani hubungan cinta beda agama ke tahap yang lebih serius: menikah. 

Menjalankan pernikahan beda agama 

Mungkin ini adalah yang paling adil bagi kalian berdua. Namun hal ini pun tidak mudah untuk dilakukan karena banyak faktor yang bisa menjadi ganjalan hubungan kalian. Seperti prosedur pernikahan. 

Selain itu di masa depan kalian juga mengarahkan anak secara bijak tentang agama yang dipercayainya. Ini bukan sesuatu mudah lho. 

Mengalah dan menganut agama pasangan

Ada konsekuensi besar yang akan kalian hadapi bila mengambil keputusan berat ini. Yang paling sering adalah hubungan kalian tidak akan pernah mendapat restu meski sudah menikah, bahkan dikucilkan atau tidak dianggap lagi sebagai anggota keluarga. 

Mengakhiri hubungan dan tidak menikah

Mungkin ini adalah keputusan yang paling bijak yang banyak dilakukan oleh pasangan berbeda agama. Karena mengetahui dua konsekuensi besar di atas, terutama yang nomor dua, mereka memilih mengakhiri hubungan cinta, walaupun berat. 

Namun demikian, keputusan ini, mungkin, yang paling adil yang bisa kalian lakukan. Karena tidak sampai membebankan masalah kepada keluarga. 

Nah BDC Lovers, itulah tips cinta beda agama dan konsekuensinya yang bisa terjadi jika kalian menjalankan hubungan rumit ini. Semangat yah. 



About the author
It's me
Beda Agama

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.