IMG-LOGO
Home Blog Pentingnya Belajar Kepemimpinan Diri
Worklife Balance

Pentingnya Belajar Kepemimpinan Diri

by nat - December 10th, 2020 66 Views
Pentingnya Belajar Kepemimpinan Diri

Konsep kepemimpinan diri atau self leadership bukanlah hal baru. Kepemimpinan diri adalah skill penting untuk dimiliki setiap orang, terlepas dari jabatan atau posisinya. 


Istilah kepemimpinan diri pertama kali dicetuskan tahun 1983 oleh Charles C. Manz. Mirip dengan konsep penguasaan diri, istilah ini berkembang dari bidang pengembangan profesional dan perilaku organisasi dalam literatur kepemimpinan. Konsep ini muncul berdasarkan pemahaman bahwa mengetahui cara memotivasi diri untuk melakukan hal yang tidak disukai adalah skill penting yang harus dikuasai di tempat kerja dan di luar pekerjaan. 


Dengan itu, self-leadership juga menjadi syarat penting dari team leadership. Untuk dapat memimpin orang lain, seseorang harus dapat mengatur dan memimpin dirinya sendiri terlebih dahulu. Meski itu benar dan penting bagi setiap pekerja profesional, kepemimpinan diri adalah skill yang dapat diterapkan oleh siapa saja dan untuk kehidupan yang lebih luas - tidak hanya dalam konteks pekerjaan kantoran saja. 


Siapapun yang memiliki ambisi untuk menjalani hidup sepenuhnya dan mengejar impian dapat memperoleh skill kepemimpinan diri selama perjalanan hidupnya. Terdapat sejumlah kata yang mungkin muncul di pikiran kamu ketika membicarakan kepemimpinan: tekad, motivasi, keuletan, integritas, kejujuran, dan seterusnya. 


Kepemimpinan diri berarti memahami siapa diri kamu, mengenal dan mengidentifikasi pengalaman yang kamu inginkan, dan dengan sengaja membimbing dirimu sendiri ke arah tersebut. 


Kepemimpinan diri tidak hanya dimulai dengan pemahaman tentang diri sendiri tetapi juga melibatkan mengetahui bagaimana mengatur banyak skill dan kompetensi yang diperlukan untuk kepemimpinan diri. Ini termasuk mengidentifikasi nilai dan kekuatanmu, menetapkan tujuan dan menetapkan rencana, mengoptimalkan motivasi dan kemauan kamu, memaksimalkan ketahanan, melatih kesadaran dan pemantauan diri, bahkan menumbuhkan kemauan dan keberanian untuk gagal.


Pikirkan tentang tujuan yang telah kamu kejar sebelumnya dan skill yang kami gunakan untuk mencapainya. Kamu mungkin merenovasi rumah, menurunkan berat badan, belajar alat musik baru atau mendapatkan promosi jabatan di kantor. Tidak peduli apa tujuan yang ini kamu capai, kamu akan menggunakan beberapa tingkat kepemimpinan diri. 


Disadari atau tidak, cara mencapai tujuanmu, berbagai pilihan yang kamu lakukan dan perasaanmu setelah itu, adalah bagian dari penerapan kepemimpinan diri. 


Menguasai kepemimpinan diri penting untuk alasan yang sama seperti kita memiliki tujuan di tempat pertama: Karena kita ingin memiliki suara tentang kehidupan kita.


Tentu, kita tidak dapat mengontrol setiap detail, tapi bukan itu intinya. Ini tentang membawa hidup kita ke arah yang membuat kita merasa tertarik. Ini tentang mengejar ambisi kita dan mengekspresikan potensi kita sebaik mungkin. Ini tentang hidup sebagai versi terbaik dari diri kita sendiri.




Karena sebagai manusia, kita percaya akan kehendak bebas; bahwa kita dapat mencapai tujuan kita dan mewujudkan impian kita. Bahwa kita bisa bahagia. Memahami dan mempraktikkan kepemimpinan diri memberi kamu pilihan untuk menjalani hidup dengan niat dan tujuan sebanyak yang kamu bisa.


Itulah inti dari kepemimpinan diri.

Leave a Comment