IMG-LOGO
Home Tips Cinta Rizky Billar dan Lesti Kejora Segera Menikah, yang Harus Disiapkan Jelang Pernikahan dan Estimasi Biayanya
Tips Cinta

Rizky Billar dan Lesti Kejora Segera Menikah, yang Harus Disiapkan Jelang Pernikahan dan Estimasi Biayanya

by nat - May 31st, 2021 286 Views
Rizky Billar dan Lesti Kejora Segera Menikah, yang Harus Disiapkan Jelang Pernikahan dan Estimasi Biayanya

Pasangan Rizky Billar dan Lesti Kejora akan menggelar proses lamaran pada 14 Juni mendatang. Setelah itu, keduanya akan menggelar pernikahan dalam waktu dekat. 


Rizky Billar mengaku sudah siap menikah. Baik materi dan mental telah disiapkan dengan baik, sehingga mantap untuk menikahi Lesti Kejora. 


Lebih lanjut dia mengatakan bahwa pernikahan ini bukanlah keputusan yang diambil singkat. Sudah dipikirkan masak-masak. “Sudah banyak persiapan, saya siap secara materi, mental dan batin. Saya harus bahagiain dia secara materi dan segala hal,” kata Rizky.  


Rizky mengaku sudah mempersiapkan modal nikah sejak usia 21 tahun. Baik rumah, dan harta lainnya sebagai modal nikah sudah disiapkan. 


Lantas sudah tepatkah persiapkan Rizky Billar jelang pernikahannya dengan Lesti Kejora? 



Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menjelaskan bahwa sejumlah kesiapan jelang pernikahan. Apakah itu? 



Kesiapan Usia


Pernikahan seharusnya dilakukan ketika pemikiran seseorang telah baik, sehingga tidak salah dalam mengambil keputusan. Usia ideal untuk menikah pada usia 25 tahun. 

Kesiapan Finansial 


Menjalankan rumah tangga memerlukan kesiapan finansial yang baik, misal untuk kebutuhan sehari-hari, persiapan kehamilan, dan masa depan anak. 

Kesiapan Mental 


Kesiapan mental sangat diperlukan agar seseorang mampu menjalankan tanggung jawab baru, termasuk bagaimana menyikapi berbagai persoalan dalam rumah tangga. 

Kesiapan fisik 


Menikah memerlukan kesiapan fisik yang baik untuk dapat menjalankan berbagai aktivitas rumah tangga. Karena itu, jelang menikah, pasangan harus memeriksakan diri untuk mengetahui kondisi kesehatan diri. 

Kesiapan Sosial 


Setelah menikah pasangan akan memiliki lingkungan yang baru. Karena itu, pasangan harus bisa beradaptasi dengan lingkungan baru tersebut, seperti cara bersikap terhadap mertua, dan keluarga pasangannya. 

Kesiapan Moral 


Pernikahan memiliki banyak sekali tantangan, seperti godaan dari orang ketiga. Untuk menghindari hal tersebut diperlukan moral yang baik, sehingga tidak tergoda untuk melakukan hal-hal yang menyimpang.   

Kesiapan Pengetahuan 


Pernikahan juga harus memiliki landasan pengetahuan yang cukup. Contohnya seperti pengetahuan alat kontrasepsi, pengetahuan jarak kehamilan, cara mengasuh dan mendidik anak, serta sebagainya. 


Selain hal di atas, pasangan yang hendak menikah juga harus mengetahui biaya apa saja yang harus disiapkan. 


1. Administrasi pendaftaran nikah


Hal pertama yang harus disiapkan adalah administrasi pendaftaran menikah. Yang beragama Islam mendaftar ke KUA. Sementara agama lainnya bisa mendatangi Kantor Catatan Sipil. Ini penting agar pernikahan dianggap sah oleh negara. 


Kisaran Rp 600 ribu -  Rp 1 juta

2.Sewa Gedung 


Hal krusial yang harus disiapkan selanjutnya adalah sewa gedung, bagi pasangan yang hendak menggelar pernikahan secara mewah. Namun bagi pasangan yang memiliki modal pas-pasan, pernikahan juga dapat digelar di rumah, masjid dan aula. 


Kisaran Rp 3,5 juta - Rp 30 juta 

3. Biaya Katering


Ini adalah salah satu pengeluaran terbesar sebuah acara pernikahan. Semakin banyak jenis makanan dan tamu undangan maka biayanya semakin mahal. 


Kisaran


Katering Rp 20 juta - Rp 50 juta

Tenda Rp 5 juta - Rp 10 juta

4. Rias pengantin


Rias pengantin cukup vital dalam acara pernikahan. Jangan sampai salah memilih rias pengantin. Kalau riasannya tidak cocok akan mempengaruhi penampilan kamu sebagai pengantin yang seharusnya tampil sempurna. 


Rias pengantin juga akan bertambah mahal kalau pasangan melangsungkan prosesi adat, sehingga kamu harus memikirkan secara detail tentang hal ini. 


Kisaran Rp 3 juta Rp 15 juta

5. Undangan dan suvenir 


Ini adalah hal sederhana yang tidak boleh terlewatkan. Bagi kamu yang punya bujet pas-pasan, mungkin kamu bisa membuat undangan dan mencari suvenir yang sederhana namun bisa dipakai untuk aktivitas sehari-hari. 


Kisaran 

Undangan pernikahan Rp 10 ribu per lembar

Suvenir Rp 20 ribu per produk


6.  Dekorasi dan dokumentasi  


Dokumentasi juga sangat penting dalam prosesi pernikahan. Biaya dokumentasi dipengaruhi oleh tim dokumentasi yang bertugas. Kamu bisa juga lho cari vendor yang menyediakan paket prewedding dan wedding sekaligus untuk menghemat bujet. 


Kisaran 

Dokumentasi Rp 3 juta - Rp 15 juta

Dekorasi Rp 3 juta - Rp 10 juta 

7. Seragam pernikahan dan musik


Ini juga tidak bisa dilupakan. Seragam pernikahan penting agar nuansa pernikahan lebih terlihat sakral. Sementara musik juga dirasa penting untuk menghidupi suasana pernikahan menjadi lebih romantis dan berkesan. 


Kisaran

Seragam pernikahan Rp 100 ribu - Rp 300 ribu per seragam

Musik Rp 2 juta -  Rp 10 juta. 


Artikel Lainnya



Leave a Comment