IMG-LOGO
Home Tips Cinta Kunci Kebahagiaan Hubungan: Buang Ekspektasi Berlebihan
Tips Cinta

Kunci Kebahagiaan Hubungan: Buang Ekspektasi Berlebihan

by nat - December 10th, 2020 373 Views
Kunci Kebahagiaan Hubungan: Buang Ekspektasi Berlebihan

Hubungan dengan seseorang tidak akan pernah bisa memberikanmu segalanya. Mungkin beberapa hal, seperti kecocokan pribadi, komunikasi yang baik, dukungan finansial, kompatibilitas intelektual, kebaikan atau kesetiaan - dan kamu tidak dapat memiliki semuanya, pilih tiga dari hal itu. Tiga saja. Empat kalau kamu beruntung. Selebihnya kamu harus cari di tempat lain. 


Fantasi bahwa seseorang akan dapat memberikanmu segalanya dan membuat kamu bahagia sepenuhnya hanya ada di dongeng atau film romantis.


Ini dunia nyata.


Kamu harus bisa mengidentifikasi tiga kualitas yang kamu inginkan pada seseorang, kemudian mencari kualitas tersebut pada orang lain - yang akan menjadi pasanganmu seumur hidup. 


Jika kamu mencoba menemukan segalanya untuk menjadi “bahagia”, maka kamu tidak akan mendapatkan apa-apa. 


Masalah yang terjadi dalam pasangan pada dasarnya bermula dari hal yang serupa - kekecewaan, muak atau bosan dengan pasangan mereka - dan mereka berpikir untuk lari dari hubungan tersebut. 


Kekecewaan bermula dari ekspektasi yang tidak terpenuhi. 


Hal penting dalam membatasi ekspektasi kita terhadap orang lain adalah dengan membatasi daftar keinginan kita menjadi tiga hal utama, baik di awal atau di akhir hubungan: ini memaksa kita untuk memprioritaskan, memutuskan apa yang benar-benar penting bagi kita dan pasangan kita. 


Mungkin seseorang yang menarik, dimana ada chemistry, atau kesetiaan, apakah mereka cerdas, baik hati, santai, selera humor, pekerja keras atau orang tua yang hebat. Pilih tiga dari antara nilai yang penting menurut kamu ada dalam pasanganmu. 


Dengan membatasi daftar menjadi 3 hal, kamu jadi punya kesempatan untuk realistis, mengurangi kekecewaan dan tidak dikendalikan oleh ekspektasi berlebihan yang bahkan terkadang kita sendiri tidak tahu apa dasarnya. 


Jika kamu sudah berada dalam sebuah hubungan dan saat ini sedang merasa bosan, muak atau monoton; coba saling lakukan perbaikan. Kalian tidak harus melakukan perubahan ekstrim atau mengubah kepribadian.


Fokus pada apa yang penting bagi kamu dan pasangan kamu masing-masing. Kuncinya adalah dengan melakukan komunikasi, sampaikan permintaan kamu, kebutuhan kamu secara nyata melalui perilaku sehingga ia juga dapat memahami kebutuhanmu dan apa yang ia bisa lakukan. 


Jadi, apa tiga teratas di bagian depan atau akhir hubunganmu? Apa yang paling kamu butuhkan? Apa yang benar-benar penting dari semua yang bisa terasa penting? 


Pilih. Jadilah realistis. Temukan kebutuhan lain itu pada orang lain, di bidang lain dalam hidupmu. 


Tiga hal kamu mungkin berubah seiring waktu. Tidak masalah. Manusia akan selalu berkembang, dan hubungan antar manusia adalah dinamis. Tetapi prosesnya masih sama, kriterianya tidak berubah. Ini tentang mengetahui apa kebutuhanmu bagi yang mencari pasangan, dan bagi yang sudah memiliki pasangan adalah tentang memperbarui kontrak hubungan, membuatnya sepenuhnya mewakili siapa Anda berdua saat ini, bukan terjebak di masa lalu

Leave a Comment