IMG-LOGO
Home Blog Patah Hati, Bisa Selama Ini Sembuhnya?
Putus Cinta

Patah Hati, Bisa Selama Ini Sembuhnya?

by nat - December 29th, 2020 81 Views
Patah Hati, Bisa Selama Ini Sembuhnya?

Tidak ada orang di dunia ini yang ingin merasakan patah hati. Tapi sayangnya, hal itu tidak mungkin terjadi, karena patah hati, mau tidak mau, pasti akan dirasakan oleh seseorang. 


Baik akibat ditolak gebetan, putus cinta, perceraian atau ditinggal pergi untuk selamanya oleh orang yang sangat dicintai. 


Nah, patah hati sendiri sebetulnya adalah gangguan pada jantung yang bersifat sementara. Saat patah hati, tubuh akan memproduksi hormon adrenalin dan kortisol yang berlebihan. Hal itu membuat terjadinya peningkatan denyut jantung secara drastis. 


Akibatnya, sistem imun tubuh akan menurun dan kamu jadi mudah terserang penyakit. Akibat lebih parahnya kesehatan jantung bisa terancam lho.  


Situs independent menyebut bahwa tidak ada penelitian yang benar-benar bisa menilai berapa lama waktu sembuh dari patah hati. 



  1. Alasan Kenapa Putus Cinta Sakit dan Bisa Bikin Orang Jadi Gila Sampai Bunuh Diri 

  2. Cara Agar Hubungan Baik-baik Saja dan Langgeng Sampai Menikah 

  3. Tanda Pria Tidak Ada Rasa ke Kamu, Jangan Sedih, Cari yang Lain Aja 

  4. Alasan Kenapa Gak Bisa Move On dari Mantan Pacar 

  5. Pacar Tidak Mau Putus, Coba Deh Lakukan Hal Ini



Beberapa penelitian, termasuk riset The Journal of Positive Psychology menyebut kalau seseorang butuh sekitar 11 minggu untuk bisa sembuh dari patah hati. Tapi, penelitian lainnya justru menyebut angka yang lebih lama, yakni sekitar 18 minggu seseorang bisa sembuh dari patah hati. 


Tahapanya seperti ini:


Menangis ⟾ Stres ⟹ Jantung Berdebar




(Jantung berdebar karena patah hati. pixabay)


Ketika patah hati sudah memasuki waktu sekitar 11 minggu - 18 minggu, seseorang biasanya berani membuka diri untuk bertemu, bahkan berkenalan dengan orang lain. Dan itu tandanya, dia sudah memasuki fase pemulihan. 


Di saat itu, orang yang semula sakit hati, sudah tidak lagi merasa cemas apabila mendengar nama mantan, melihat foto mantan, dan hal-hal yang berkaitan dengan mantannya. 


Setelah hal itu terjadi, tahapan selanjutnya adalah fase berdamai dengan diri sendiri. Dia sudah bisa menerima keadaan, bahkan telah memaafkan mantan yang telah menyakiti dirinya. 


Meski kisaran waktu sembuh dari patah hati sekitar 11 minggu - 18 minggu, kamu tetap bisa lho mencoba untuk mempercepat waktu penyembuhan. Caranya adalah dengan melakukan berbagai cara seperti di bawah ini. 


Senangkan Diri Kamu



(Senangkan diri obat patah hati. pixabay)


Saat patah hati, diri kamu sedang terluka. Cara untuk memulihkannya adalah dengan menyenangkan diri kamu dengan hal-hal yang kamu sukai. Lakukan berbagai hobi kamu atau kegiatan baru. Lakukanlah me time, karena diri kamu berhak untuk mendapatkan kebahagian. 


Datangi Teman  



(Datangi teman obat patah hati. pixabay)


Teman juga bisa menjadi obat mujarab dari patah hati. Saat kamu sedang sakit hati, kamu bisa lho mendatangi teman dan sahabat kamu. Berbincanglah. Saling bercerita dan meminta masukan. 


Bahkan kalau perlu ajaklah dia untuk travelling bersama atau melakukan berbagai kegiatan seru yang dapat memulihkan kondisi kamu. 


Berserah Diri



(Berserah diri obat patah hati. pixabay)


Meski kesannya klise banget, tapi saat kita sedang terpuruk, jalan salah satu jalan yang bisa kita lakukan adalah berserah diri kepada Tuhan. Mintalah petunjuk dan ketenangan dalam hati. 


Nah itulah info tentang berapa lama orang bisa sembuh dari patah hati. Ternyata cukup lama juga yah. Semoga artikel ini bisa membantu kondisi kamu yang saat ini mungkin sedang terluka. 


Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel menarik lainnya dari belajardrcinta.com di bawah ini: 


Seperti Inilah Laki-laki Ketika Baru Putus 


Merasa Bersyukur Penting, tapi Tidak Cukup


Kunci Kebahagiaan Hubungan: Buang Ekspektasi Berlebihan


Pentingnya Belajar Kepemimpinan Diri 


Cara Menyatakan Cinta ke Teman Sendiri, Anti Gagal

 

Tanda wanita jatuh cinta kepadamu, Ketahu Jangan Sampai Dia Ilfeel 


Saat Wanita Marah, Ternyata Mereka Ingin Hal Ini dari Pria 


Cara Menolak Cinta Tanpa Menyakiti Perasaan 


Tanda Suami Cemburu yang Wajib Diketahui Para Istri


Cara Mengetahui Suami Masih Sayang Atau Tidak









 


Leave a Comment