679

5 Bahasa Cinta adalah sebuah teori cinta yang dicetuskan oleh Dr. Gary Chapman melalui bukunya 5 Languages of Love yang menyimpulkan bahwa setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam menyatakan dan menghargai cinta.

Pernah merasa bahwa gimanapun kamu mengekspresikan cinta ke pacar, tapi kok sepertinya dia masih ga seneng, atau ga nyambung.

Dengan mengetahui perbedaan antara 5 bahasa cinta, kamu bisa mengetahui apa yang sebenarnya membuat orang lain merasa dicintai.

Sebelum menggunakannya dalam hubungan, Dr. Gary juga menyampaikan bahwa kita harus mengenal diri sendiri terlebih dahulu, dan memahami apa yang kita inginkan dalam cinta, dan kemudian memahami bahasa cinta orang lain, agar dapat menyampaikan perasaan yang cocok dengan cara masing-masing.

Pada dasarnya, setiap manusia mengenal Bahasa cinta yang disampaikan dalam buku 5 Languages of Love. Hanya saja, tingkat prioritasnya berbeda untuk setiap orang. Menurut teori 5 bahasa cinta ini pula, disebutkan bahwa idealnya setiap orang memilih 2 bahasa cinta yang paling sesuai.

Bahasa cinta ini berlaku secara 2 arah. Yaitu bagaimana kamu mengungkapkan rasa cinta, dan bagaimana kamu lebih merasa dicintai.

simbol cinta
Nyatakan cinta kepadanya [pixabay]
Lalu apa saja 5 Bahasa Cinta tersebut? Kamu bisa coba mengenal diri sendiri lebih jauh dan memilih 2 bahasa yang paling penting buat kamu.

1Words of Affirmation – Ungkapan Kata

Kalau pujian atau kata-kata adalah penting buatmu, maka Words of Affirmation adalah prioritasmu. Kamu merasa dicintai jika seseorang menyatakannya melalui ungkapan pujian, seperti ‘Kamu terlihat cantik hari ini’ ; ‘Terima kasih ya udah nemenin aku malem ini’

Sebaliknya, kamu juga mengungkapkan cinta dengan perkataan atau pujian.

3Receiving Gifts – Menerima Hadiah

Berapapun nilainya, kamu merasa dicintai jika kamu diberikan hadiah. Apalagi jika hadiah tersebut memiliki nilai sentimentil.

Kamupun mengungkapkan rasa cinta dengan memberikan hadiah. Apapun bentuknya.

4Acts of Service – Pelayanan

Bahasa cinta yang ini mengacu pada perlakuan untuk melayani atau dilayani. Kamu senang jika seseorang membantu kamu mengerjakan berbagai hal untukmu, seperti membantu mencuci piring, atau mengerjakan tugas sekolah/ pekerjaan.

5Physical Touch – Sentuhan Fisik

Simple. Sesuai namanya, kamu merasa dicintai dengan adanya kontak fisik, namun tidak harus seks, ya.

Bisa hal sederhana seperti berpegangan tangan, berpelukan atau kecupan.

 

Pahami diri kamu sendiri dengan memilih 2 hal yang kamu rasakan dapat memberikan rasa bahagia dan membuatmu merasa dicintai.

Setelah itu, ajak pasangan kamu juga untuk mengungkapkan apa yang bisa membuat dia merasa dicintai.

Kemungkinannya adalah kalian memiliki Bahasa cinta yang berbeda. Yang terpenting adalah kalian saling paham apa yang membuat masing-masing merasa dicintai, sesuai dengan Bahasa kalian.

Lagipula, cinta itu harus saling memahami, bukan?

 

6Comments

comments

SHARE