Banyak orang yang bertanya tentang penyebab bercerai. Mengapa hal itu bisa terjadi, dan apa alasannya? Beberapa waktu yang lalu, Edelman Intlligence, melakukan penelitian untuk mencari penyebab bercerai, khususnya kepada kaum pria.

Edelmanb pun melakukan survei kepada 500 pria dewasa di Amerika Serikat. Dan hasilnya, sebanyak 59 persen pria menyatakan penyebab bercerai karena masalah finansial yang dialami.

Ironisnya, persoalan tersebut tidak diakibatkan salah satu pasangan yang tidak bekerja. Umumnya, masalah finansial diakibatkan karena pasangan tidak bisa mengatur keuangan dengan baik, sehingga terlalu banyak mengeluarkan dana bulanan.

Hal lainnya adalah pasangan yang tidak saling terbuka tentang gaji dan pendapatannya. Mereka saling tertutup, dan tak mau memberi tahu satu sama lain.

Edelman mengaku menyayangkan hal tersebut. Sebab, jalan keluar terhadap masalah finansial cenderung bisa dilakukan dengan komunikasi yang baik.

Edelaman pun menyarankan kepada setiap pasangan, khususnya pasangan yang hendak membina rumah tangga, untuk membicarakan masalah finansial sebelum menikah.

“Harus ada kesepakatan dengan pasangan tentang masalah keuangan,” katanya.

“Ada beberapa topik yang harus dibahas pasangan jelang menikah. Seperti berapa banyak pengeluaran bulanan yang harus dikeluarkan. Berapa sisa gaji yang harus ditabung. Bagaimana pembagian gaji. Apakah uang suami seluruhnya akan ditransfer ke istri. Bagaimana dengan investasi seperti keuangan, asuransi kesehatan, kesehatan anak, biaya pendidikan untuk jangka panjang dan sebagainya,” dia menjelaskan.

“Masalah finansial dicap sebagai masalah yang sepele. Tapi, masalah ini ternyata menjadi penyebab bercerai,” dia menandaskan.

Wah ini menjadi pelajaran yang penting banget nih untuk kita. Apalagi, buat kalian yang sedang merencanakan pernikahan. Kalian harus menjalin komunikasi dan menentukan seperti apa manajemen keuangan keluarga kalian.

Jangan sampai kalian malah saling tertutup tentang masalah keuangan. Sebab, hal ini bisa memicu adanya prasangka buruk. Pasangan akan bertanya-tanya, untuk apa aja uang gaji kamu, kamu pakai ke mana aja, dipakai untuk beli apa aja, dan sebagainya. So terbuka tentang finansial jauh lebih baik daripada kamu tertutup. 

Follow Instagram @belajardrcinta
Mau curhat cinta?
Curhat lewat LINE: @belajardrcinta

Kirim keluh kesah kamu ke: bdcinta@gmail.comcurhat@belajardrcinta.com

Comments

comments