580

Kecemburuan adalah masalah yang sangat umum dalam sebuah hubungan, masalah yang tidak selalu mudah untuk dipecahkan. Rasa cemburu dalam seseorang dapat tumbuh karena banyak hal, mulai dari masalah kepercayaan, kurangnya rasa cinta dimasa lalu, hingga pengalaman buruk dalam sebuah hubungan. Pengalaman buruk dapat menumbuhkan rasa kurang aman dalam hubungan dan mengurangi kemampuan untuk dapat mempercayai seseorang.

Bagi sebagian orang, rasa cemburu yang dari pacar mungkin terasa menyenangkan, karena membuat kamu merasa diinginkan dan dicintai. Namun, jika rasa cemburu dari pacar menjadi berlebihan, kamu jadi merasa terkekang. Apabila rasa cemburu bahkan berkembang menjadi posesif, ini malah bisa jadi berbahaya buat kamu. Tidak jarang, kecemburuan menjadi penyebab pertengkaran dalam sebuah hubungan.

Pacar Cemburuan

Kecemburuan memang seringkali disebabkan rasa takut akan kehilangan, dengan kata lain, rasa cemburu adalah pertanda seseorang merasa terancam. Dalam kondisi tertentu, tidak jarang kecemburuan dapat membuat seseorang menyakiti orang lain. Lihat saja sejumlah kasus yang disebabkan karena kecemburuan. Ketika kecemburuan muncul dalam diri seseorang, banyak hal yang dapat disalahartikan dan menyebabkan reaksi yang berlebihan. Hal simpel seperti chatting dengan teman lawan jenis yang memang biasa aja, bisa jadi penyebab pertengkaran karena kamu disangka selingkuh. Repot ya.

Meski seringkali menyebabkan amarah, rasa cemburu bermula dari rasa lemah dan terutama ketakutan. Seorang yang pencemburu merasa takut kehilangan pasangannya dan hubungan tersebut. Agresi atau mempertanyakan terus-menerus adalah salah satu upaya untuk menghilangkan rasa ragu atau ketakutan tersebut.

Lalu, gimana kalau kamu berada dalam situasi dimana pacarmu sedang cemburu karena kamu dekat dengan teman lawan jenis?

pegangan-tangan

Sikap dewasa sangat penting untuk menghadapi situasi seperti ini. Dan bicara dengan kepala dingin adalah sikap dewasa yang perlu kamu ambil. Jangan memaksakan argumen dan bersikap defensive ketika dia sedang cemburu dan marah sama kamu.

Buat dia mengerti bahwa kamu paham ada hal yang bikin dia marah atau cemburu, dan nyatakan bahwa kamu tentu tidak mau bikin dia kecewa. Tanyakan langsung, sikap apa sih yang dia ga suka dan bikin dia marah. Apakah karena kamu ngobrol sama temen lawan jenis? Apa karena kamu deket sama temen di sekolah, kampus atau kantor? Cari tahu apa hal spesifik yang bikin dia marah.

Lanjutkan dengan menyampaikan dari sisi kamu, bagaimana reaksi cemburu dia yang berlebihan membuat kamu merasa takut, terkekang, atau malah bikin kamu sulit untuk menjalani hari kamu dengan normal, karena berhubungan denga tugas sekolah, tugas kampus atau tugas kerjaan misalnya.

Kemudian, buatlah batasan atau aturan bersama yang juga harus disetujui dan dilakukan oleh kedua belah pihak, agar masing-masing merasa nyaman, tidak terkekang. Buat dia juga merasa aman dengan menyatakan kamu juga ingin menjalani hubungan sama dia. 

Seringkali, masalah kecemburuan tidak dapat diselesaikan dengan sekali diskusi saja. Kamu juga harus bisa fleksibel untuk menyesuaikan batasan dan memahami kondisi masing-masing pihak. Dan tidaklah mudah untuk bicara dengan seseorang yang sedang emosi. Namun kamu akan paham bahwa cinta tidak dapat menyelesaikan masalah secara otomatis. Butuh waktu, kesabaran dan pemahaman untuk menumbuhkan rasa percaya dan menghilangkan rasa takut. Jika kamu merasa dia patut untuk dipertahankan, maka tentu saja kamu harus berjuang untuk mempertahankan hubungan dengan dia, bukan?

Punya pemikiran lainnya? Yuk, share di kolom komentar, kirimkan email atau chat dengan admin BDC langsung.


Follow Instagram @belajardrcinta
Mau curhat cinta?
Curhat lewat LINE: @belajardrcinta

Kirim keluh kesah kamu ke: bdcinta@gmail.comcurhat@belajardrcinta.com

Baca Juga  Hati-Hati Terperangkap Friendzone!

 

Comments

comments

SHARE