17

Istilah cinta pada pandangan pertama tentunya sudah tidak asing di telinga kita. Bahkan, mungkin sebagian dari kita, pernah mengklaim jatuh cinta pada pandangan pertama. Lantas apakah betul ada cinta pada pandangan pertama? Atau jangan-jangan itu hanya hoax belaka?

BDC yang mengutip Jurnal Personal Relationship punya jawaban atas pertanyaan di atas. Dan hasilnya, terungkap bahwa cinta pada pandangan pertama itu tidak ada, alias hoax.

Baca Juga  Mengharukan! Detik-detik Pertemuan Pasangan LDR

Kok bisa yah?

Menurut peneliti, rasa yang kita rasakan sebagai cinta pada pertama hanyalah hasrat yang berlangsung sangat cepat. Dan itu bukanlah cinta. Cinta itu baru terwujud ketika hubungan sudah terjalin.

Sementara hasrat yang terjadi pada pertama kali bertemu hanya merupakan memori yang terasa sangat spesial, hingga akhirnya muncul istilah pada pandangan pertama.

Penjelasan dari Jurnal Personal Relationship diperkuat oleh penelitian yang dilakukan oleh University of Grogingen. Para peneliti mengundang 396 partisipan, yang 62 persen merupakan wanita berusia rata-rata 24 tahun.

Para partisipan diminta untuk melihat sejumlah foto pria sesuai denga kriteria masing-masing. Selanjutnya, mereka ditanya apakah sudah merasakan cinta pada pandangan pertama usai melihat foto-foto tersebut.

Baca Juga  Boys, Jangan Bilang 6 Hal ini saat Cewek Potong Rambut

Selain hal di atas, partisipan juga diminta melakukan kencan buta atau blind date dengan pria yang baru ditemuinya –tentunya sesuai kriteria– selama 90 menit. Usai melaksanakan cinta buta tersebut, para partisipan ditanya, apakah telah merasakan percikan cinta?

Dan hasilnya, dari penelitian tersebut, mayoritas partisipan tidak merasakan adanya percikan cinta. Sementara 30 persen partisipan mengakui adanya rasa suka hanya karena tampilan awal atau fisik dari pria yang menjadi lawan kencannya. Tapi, soal cinta, mereka tetap tidak merasakan adanya percikan.

Berdasarkan hal tersebut, peneliti meyakini bahwa timbulnya rasa suka yang disalahpahami sebagai cinta pandangan pertama adalah akibat ketertarikan fisik.

Dengan kata lain, cinta pada pandangan pertama, sebetulnya hanya merupakan ketertarikan hati, ketertarikan fisik dan ilusi bersama.

Nah, dari penjelasan di atas, peneliti meyakini kalau cinta pada pandangan pertama itu tidak pernah ada. Tidak pernah ada orang yang benar-benar mengalami hal tersebut. Istilah tersebut hanya didasarkan perasaan tertarik dengan fisik, wajah tampan atau cantik semata.

Setujukah kalian?

Baca Juga  Awas, Sering Tonton Drama Korea Bisa Rusak Hubungan dengan Pacar
Follow Instagram @belajardrcinta
Mau curhat cinta?
Curhat lewat LINE: @belajardrcinta

Kirim keluh kesah kamu ke: bdcinta@gmail.comcurhat@belajardrcinta.com

Comments

comments