0

Namanya juga hubungan, pasti akan banyak hambatan dan rintangan yang akan datang. Baik dari masalah kecil maupun masalah besar, kamu harus tetap bisa menghadapinya bersama pasangan. Dan dalam waktu kurun tertentu, penting loh untuk kamu dan pasangan melakukan evaluasi hubungan. Apa itu evaluasi hubungan? Berikut BDC bantu untuk menjelaskannya…

Dari sekian lama kalian punya hubungan, apa relationship goals yang tercapai?

relationship goals
Apa relationship goals kalian sudah tercapai? [google]
Evaluasi hubungan adalah proses quality time antara kamu dan pasangan yang agendanya adalah mengevaluasi hubungan kalian selama ini. Bagian mana yang perlu dipertahankan, bagian mana yang perlu diperbaiki. Coba kamu tanyakan ke pasanganmu, apakah hubungan yang selama ini kalian bangun adalah hubungan yang selama ini kalian inginkan? Apa saja relationship goals yang telah kalian berdua capai? Jika belom ada, mungkin hubungan kalian memang hanya penuh dengan main-main saja. Coba kamu ingat kapan kamu terakhir mengevaluasi hubungan kamu dan pasangan?

Sebelum dan sesudah punya hubungan, mana yang lebih baik?

mana yang lebih baik setelah punya hubungan
Pastikan semua dibicarakan ya [google]
Setelah sekian lama punya hubungan dengan pasangan, apa yang masing-masing kalian rasakan? Apakah selama ini kalian terus berkembang dan banyak belajar akan hal baru, atau malah hubungan kalian selama ini menghambat perkembangan kamu dan pasangan? Coba deh lakukan evaluasi hubungan, apakah kamu dan pasangan menjadi pribadi yang lebih baik? Atau malah kalian menjadi lebih buruk? Lalu bagian mana yang bisa kalian perbaiki, segeralah perbaiki.

Apakah hubungan kalian semakin dewasa atau semakin penuh drama?

dewasa atau drama
Makin dewasa atau penuh drama? [google]
Evaluasi hubungan juga bisa membuat kamu menilai hubungan kalian selama ini. Apakah kamu dan pasangan menjadi pribadi yang lebih dewasa, atau semakin keluar sifat penuh dramanya? Bagaimana sikap dan respon ketika dihadapkan dengan masalah dalam hubungan? Apakah kalian saling menyalahkan? Atau memang berfokus pada apa solusi yang bisa ditemukan? Coba kamu pikir lagi selama ini, apakah ternyata masa sendirimu lebih berharga ketika masa pacaranmu? Atau memang kamu merasa semakin lengkap ketika mempunyai hubungan?

Baca Juga  Seksinya Nadine Waworuntu, Cewek yang Berciuman dengan Verrel Bramasta

Dalam hubungan kalian, apakah semuanya seimbang?

seimbang
Sudahkah semuanya seimbang? [google]
Ketika melakukan evaluasi hubungan, coba cek porsi kamu dan pasangan dalam menjaga dan mempertahankan hubungan. Apakah selama ini cuma salah satu diantara kalian yang memberikan effort begitu besar? Atau adakah pihak yang merasa dirugikan selama menjalani hubungan? Ingatlah bahwa hubungan adalah perihal komunikasi dan kerjasama. Jika kamu masih merasa komunikasimu satu arah dan bekerja sendirian, cobalah evaluasi dengan pasanganmu. Carilah solusi yang bisa membuat hubungan kalian semakin seimbang.

Jika ternyata tak ada kemajuan, lalu apa yang salah?

Tak ada kemajuan sama sekali
Jika ini terjadi, bicarakanlah segera! [google]
Dan setelah mengevaluasi hubungan, ternyata kamu dan pasangan menyimpulkan bahwa setelah hubungan selama ini, ternyata tak ada kemajuan. Buatlah kesepakatan baru antara kamu dan pasangan sesegera mungkin. Apakah masih bisa diperbaiki? Apakah memang diantara kalian ada yang sudah tak mau mempertahankan hubungan? Bicarakanlah dengan pasanganmu. Asal semua hal dikomunikasikan, hubungan kalian pasti akan tetap baik baik saja. Tak perlu khawatir, ini hanya evaluasi, dan hal yang dihasilkan di sini hanyalah solusi. Bukan mencaci maki apalagi saling menghindari.

 

Ketika kalian menjalani sebuah hubungan, percayalah bahwa evaluasi hubungan adalah salah satu cara kalian menghargai hubungan kalian sendiri. Keluarkan semua uneg-uneg kalian untuk dibicarakan dan diskusikan. Ini adalah salah satu langkah yang cukup dewasa dalam menghargai hubungan kamu dan pasangan yang bisa kamu lakukan sekitar 3bulan atau 6bulan sekali. Hindari mengevaluasi hubungan dengan emosi apalagi tingkat ego yang tinggi. Coba kamu ingat-ingat lagi, kapan terakhir kamu dan pasangan punya waktu yang begitu berkualitas untuk mengevaluasi hubungan?


Follow Instagram @belajardrcinta
Mau curhat cinta?
Curhat lewat LINE: @belajardrcinta

Kirim keluh kesah kamu ke: bdcinta@gmail.comcurhat@belajardrcinta.com

Baca Juga  Nggak Nyangka! Ini Alasan Pria Berselingkuh Meski Punya Pacar Cantik

Comments

comments