1,289

Ketika mempunyai hubungan, mungkin kamu dan pasangan saling sibuk membahagiakan satu sama lain. Tapi ternyata, hubungan bukan hanya perihal membahagiakan, ada beberapa topik komunikasi yang seharusnya kamu sepakati di awal. Semua orang tahu bahwa komunikasi adalah hal terpenting dalam sebuah hubungan. Namun, nyatanya banyak yang hanya bisa memendam dan menyimpan semuanya sendirian daripada diungkapkan kepada pasangan dengan beberapa alasan seperti takut menyakiti, kurang persuasif, dan takut sulit dipahami apa maksud perkataanmu. Karena itu banyak sekali topik komunikasi yang seharusnya dibahas, malah tidak pernah dibicarakan sama sekali. Untuk itu BDC akan membantu menjelaskan apa saja topik komunikasi yang harus dibicarakan dengan pasangan;

Penyebab kemarahan

penyebab kemarahan
Kalau marah, tetap fokus ke solusi ya 🙂 [google]
Dalam hubungan, kamu gak bisa yang namanya menhindari konflik, dan di sinilah kamu akan merasa sangat emosi dengan pasangan. Dan karena pikiranmu dipenuhi dengan emosi, ada perasaan lain yang akan muncul, dari ketakutan, kesedihan, kecemasan, bahkan keraguan. Memang kadang marah lebih baik daripada kamu harus diam seribu bahasa. Namun, alangkah lebih bijak jika topik komunikasi perihal penyebab kemarahanmu segera kamu sampaikan kepada pasangan. Beritahukan apa alasan yang membuatmu begitu marah dan kesal. Selain membuat konflik kalian cepat selesai, kalian juga akan berkembang jadi pasangan yang lebih dewasa. Ingat, fokuslah pada solusi! Hubungan kalian lebih besar dan lebih berharga daripada konflik kalian.

Keinginan

keinginan
Sepakati apa keinginan kalian dalam hubungan ini [pinterest]
Topik komunikasi lainnya adalah membahas apa yang kamu inginkan. Bahaslah apa yang bisa kalian bangun, bicarakanlah apa yang kalian inginkan. Jika kamu tak suka dengan salah satu sifat pasangan, katakan secara langsung, dan tawarkanlah solusi. Dan ketika kamu sudah mendapatkan solusinya, sepakatilah untuk berkomitmen melakukannya. Berkomunikasi secara langsung perihal ini akan semakin mendekatkan kalian. Ingat, yang harus kamu dan pasanganmu pahami adalah bahwa mencintai apa adanya bukan berarti kamu mencintai seadanya, kan?

Baca Juga  7 Tips Sukses Saat Kencan Pertama!

Apresiasi

apresiasi
Selalu apresiasi hal sekecil apapun 🙂 [pinterest]
Topik komunikasi yang harus sering kalian bicarakanlah adalah mengapresiasi setiap hal kecil yang telah dilakukannya. Kamu gak akan pernah tahu apa yang pasanganmu harus korbankan untuk melakukan hal kecil itu untukmu. Hargailah setiap usahanya walaupun sekecil apapun. Dan menurut pandangan BDC, ketika pasangan berhasil mengapresiasi kontribusi satu sama lain, sekecil apapun itu, mereka akan lebih bahagia menjalani hubungan.

Masa Depan

masa depan
Rencanakan masa depanmu! [google]
Merencanakan masa depan adalah topik komunikasi yang sangat menarik untuk dibicarakan. Bicarakanlah hal ini dua arah, temukanlah kesepakatan antara keinginanmu dengan keinginan pasanganmu. Jika memang belum ada maksud untuk merencanakan masa depan, bicarakanlah juga seawal mungkin. Lebih baik saling terbuka daripada harus berpura-pura. Asal kalian sepakat menjalaninya, hubungan kalian pasti akan baik baik saja.

Keuangan

Komunikasikan keuangan dan finansial
Transparansilah perihal finansial kalian masing-masing [google]
Dan topik komunikasi paling sensitif dan krusial adalah perihal keuangan. Hampir 30% alasan perceraian di Indonesia adalah perihal keuangan. Karena itu, bicarakanlah keuangan masing-masing secara terbuka. Setiap hutang dan setiap cara kalian menghabiskan uang adalah penentu bagaimana kalian menjalani hubungan ke depan, loh. Tak perlu merasa malu dengan kondisi keuanganmu sekarang, karena poin terpenting adalah kalian terbuka. Buat apa kondisi keuanganmu begitu hebat, tapi kamu tertutup dan pasanganmu tak tahu apa apa. Pastikan kamu dan pasangan sudah berdiskusi, membuat kesepakatan, dan bersikap transparan mengenai finansial kalian masing-masing demi hubungan kalian.

 

Lalu bagaimana hubungan kamu sekarang? Apakah semua topik komunikasi tersebut sudah sempat kamu bahas dengan pasangan? Kalau belum, segeralah cari waktu untuk membahasnya. Mencegah lebih baik loh daripada mengobati. Dan ketika semua topik komunikasi ini telah kamu dan pasangan bicarakan, kemanapun arah hubungan kalian pasti akan terasa lebih seru dan semakin dewasa! 🙂


Follow Instagram @belajardrcinta
Mau curhat cinta?
Curhat lewat LINE: @belajardrcinta

Kirim keluh kesah kamu ke: bdcinta@gmail.com/ curhat@belajardrcinta.com

Baca Juga  Jangan Terlalu Sering Bertemu saat Baru Mulai Pacaran, Kenapa?

Comments

comments