647

Ikatan pertemanan seringkali menimbulkan rasa nyaman. Sementara nyaman memang tanda hubungan itu sehat. Tapi kadang kenyamanan menjadi rancu ketika ada perasaan lain yang kamu rasakan dengan teman yang notabene lawan jenismu.

Kalau sudah begitu rasanya keputusannya cuma dua, tetap melanjutkan pertemanan namun salah satu pihak memendam rasa atau mengutarakan perasaan dan jika beruntung, pertemanan berlanjut ke hubungan yang lebih serius. Lantas bagaimana jika salah satu dari kalian sedang punya pasangan? Karena itu kamu perlu tahu batasan pertemanan anti-baper.

1. Porsi tidak boleh berlebihan sebab cinta muncul karena kebiasaan

porsi tak boleh berlebihan
Menurut kamu porsinya harus banyakan teman atau pasangan?

Jika salah satu pihak di pertemanan kamu sudah memiliki pasangan, sejatinya menjaga hubungan dengan teman merupakan hal yang juga penting. Sebagaimana fungsi teman yang dapat membantu dan menolong kamu ketika sedang kesulitan. Namun yang perlu diperhatikan adalah tentang bagaimana porsi kamu berhubungan dengan temanmu ini. Baiknya gak terus-terusan ataupun seharian. Berikan kesempatan pada dirimu sendiri untuk menjalin pertemanan dengan banyak orang. Sehingga kamu tidak ketergantungan oleh satu temanmu. Apalagi jika pasangan temanmu bukanlah orang yang bisa mengisi harinya setiap saat, sangat berisiko bahwa salah satu dari kalian pasti akan cepat baper dan ketergantungan.

2. Curhat boleh saja tapi jangan sampai dia tahu semua aib hubunganmu

curhatbolehsaja
Jangan suka buka aib hubungan ya walau di depan teman 🙂

Dengan teman, kamu boleh saja curhat tentang karir, sosial, teknologi, dan hal lainnya asalkan tidak dengan detail hubunganmu dengan pasangan. Jika memang ada tindakan atau kepribadian pasangan yang gak kamu suka, lebih baik komunikasikan dengan pasanganmu langsung. Tak perlu membuka aib hubungan kamu sendiri di depan teman kamu. Selain dia jadi tahu apa saja kekurangan hubungan kalian, temanmu (apalagi yang baper) dapat melihat celah di mana dia harus masuk. Konsekuensinya? Bisa saja pertemanan kamu dan hubungan kamu akan berantakan gak karuan.

Baca Juga  Cari Pacar Dari Social Media? Yakin?

3. Meminta bantuan berbeda dengan ketergantungan

memintabantuan
Kalau minta temenin itu termasuk bantuan atau emang ketergantungan? :p

Jika teman kamu adalah orang yang sedia setiap saat untuk membantumu, sebenarnya tak masalah. Tapi kembali seperti poin awal, dengan kamu meminta bantuan terus menerus kepada temanmu, maka kamu akan semakin ketergantungan dengannya bahkan kamu bisa sampai baper. Jika temanmu itu sedang sibuk, pasti kamu akan mulai mencari-cari. Itulah mengapa hendaknya kamu memang punya banyak teman, jadi tak perlu hanya dia seorang yang perlu kamu minta bantuan. Apalagi jika kamu punya pasangan, lalu apa yang membedakan temanmu itu dan pasanganmu?

4. Buatlah pertemanan sebanyak-banyaknya

buatlahbanyakteman
Semakin banyak teman = semakin anti-baper

Kadang mencari teman, memang lebih sulit dibandingkan mencari lawan. Namun di sinilah tantangannya. Buatlah lingkaran pertemanan kamu seluas mungkin, sehingga kamu terlalu sibuk dengan banyak temanmu tanpa perlu baper ke salah satunya. Membuat banyak teman memang bukan hal mudah, kamu harus menjadi pribadi yang menyenangkan terlebih dahulu. Apalagi jika kamu punya pasangan, kenapa teman dari pasanganmu tak kamu jadikan temanmu juga, ya kan?

5. Buatlah prioritas, karena jika kamu dewasa, kamu tahu apa yang kamu mau

buatlah prioritas
Jadi, apa prioritasmu? 🙂

Berjalan dengan seorang temanmu yang itu itu aja setiap hari bukanlah hal yang bijak terlebih lagi salah satu dari kalian punya pasangan. Selain karena pria dan wanita tak bisa murni sahabatan, salah satu dari kalian pasti akan baper pada waktunya. Karena itu buatlah prioritas, jika kamu memang murni hanya ingin berteman, perlakukanlah dia sebagai seorang teman. Jika muncul hal-hal yang tak wajar dan sekiranya akan mengganggu hubungan pertemanan kalian, segera tegas dan batasi. Ini akan membantumu agar tidak cepat baper dan menghargai hubunganmu dengan pasangan. Ingat, orang dewasa itu tahu apa yang dia mau. Kamu bukan lagi anak kecil yang bersusah payah membangun sesuatu lalu dihancurkan begitu saja, kan? 🙂

Baca Juga  Pria dengan Zodiak Ini akan Bikin Kamu Seperti Ratu

Itulah beberapa batas pertemanan dengan lawan jenis yang mesti kamu ketahui. Batas itu adalah kunci hubunganmu dengan dia. jangan sampai ada perasaan nyaman lain yang dapat mengganggu hubungan baikmu dengan dia atau dengan kekasihmu (untuk yang sudah punya pacar). Namun kalau memang kamu dan temanmu sama-sama single dan available, terlebih lagi menyimpan rasa yang sama, kenapa kalian tak bersatu saja sebagai pasangan? 🙂


Follow Instagram @belajardrcinta
Mau curhat cinta?
Curhat lewat LINE: @belajardrcinta

Kirim keluh kesah kamu ke: bdcinta@gmail.comcurhat@belajardrcinta.com

 

Comments

comments