363

Momen pergantian tahun selalu ditandai dengan momen evaluasi dan membuat resolusi. Tak sekadar urusan pekerjaan atau soal keuangan yang jadi perhatian, perkara cinta pun seharusnya tak boleh dilupakan.

Lalu bagaimana dengan kehidupan cintamu selama satu tahun belakangan? Apakah kamu masih nyaman dengan kesendirian atau justru berharap segera punya pasangan di tahun depan? Dan bagi kamu yang sudah menjalani hubungan, coba deh dipikirkan lagi, apakah hubungan yang kamu jalani cukup membahagiakan, atau bahkan kamu sudah mantap untuk segera melangkah ke pelaminan?

Nah, agar kehidupan cintamu di tahun depan nanti lebih menyenangkan, BDC sudah membuat beberapa resolusi cinta yang bisa kamu terapkan, lho. Mau tahu apa saja?

1. Bagi para penikmat kesendirian, harus dipertahankan atau sudah saatnya buka hati di tahun depan?

Nyaman dengan kesendirian
Udah mulai kesepian? [google]
Resolusi cinta ini berlaku bagi kamu yang masih nyaman dengan kesendirian. Entah jomblo ataupun single, itu adalah pilihanmu sendiri. Tapi, apakah selama ini kamu benar-benar bahagia dengan kesendirian? atau justru mulai merasa kesepian?

Apapun itu, pilihan ada di tanganmu. Tak ada salahnya jika kamu masih ingin sendiri agar bisa fokus pada urusan sekolah ataupun pekerjaan. Apalagi jika kamu ingin fokus mendapatkan perguruan tinggi yang bergengsi, menyelesaikan skripsi, berburu beasiswa kuliah, ataupun ingin segera promosi di kantor. Tentu semua itu akan bisa dicapai ketika fokus kamu masih pada diri sendiri dan belum terbelah dengan pasangan.

Begitu pula jika menurutmu sekarang kamu lebih sering merasa kesepian, menandakan bahwa kesendirianmu harus segera diakhiri di tahun depan nanti. Kamu layak dan berhak untuk segera mulai membuka hati. Meluangkan waktu agar bisa bertemu orang baru dan melakukan hobi baru. Membuka dirimu seluas mungkin demi seseorang yang mungkin segera datang dan mulai menggenapkan hidupmu.

2. Buat kamu pengabdi mantan, dia sudah mulai bahagia, lho. Kapan kamu bisa move on dan memulai kebahagiaanmu sendiri?

kapan mau move on
Kapan mau move on? [google]
Apakah resolusi cinta kamu tahun depan adalah untuk menyembuhkan hati? Dulu pernah memiliki hubungan yang tampak sangat menjanjikan, hingga kini berubah menjadi menyedihkan. Walau kamu masih berharap, semua bisa diulang dan diubah. Tapi tunggu dulu, perlukah masih berharap sama mantan yang jelas-jelas sudah bahagia?

Baca Juga  Intip Yuk Gaya Pacaran di Korea, Seperti di Film Nggak Yah?

Jadikan awal tahun nanti sebagai perubahan dirimu yang semakin matang dan dewasa. Kamu harus ingat bahwa takkan ada yang mau menemanimu menggapai masa depan jika dirimu masih diselimuti masa lalu. Cukuplah waktu, tenaga, dan pikiran yang kamu curahkan. Menjelang tahun yang baru, siapkan dirimu dan resolusi cinta kamu untuk meninggalkan masa lalu dan menyambut cinta yang baru.

3. Jika Friendzone dihapuskan, kamu mau meresmikan dia sebagai teman atau pasangan?

teman atau pacar
Jadi dia itu teman atau pacar nih? [google]
Resolusi cinta ini berlaku buat kamu yang setiap hari terbiasa berdua, melakukan kegiatan dari pagi hingga senja, tapi tak lebih dari sekedar teman. Mengaku cuma teman biasa, tapi hubungan kalian sangat dekat bahkan sesekali mesra. Apakah tak sebaiknya diperjelas saja? Yang harus kamu catat, sebaik-baiknya hubungan adalah yang dijalani dengan niat dan tujuan yang jelas. Jangan membuat perangkap untuk mereka hanya karena kamu takut kehilangan fans. Sudah punya pacar, tapi takut kehilangan perhatian dari orang lain. Ini bukanlah hal bijak. Dan jika memang kalian sama-sama sendiri dan punya perasaan yang sama, jadikanlah tahun depan sebagai resolusi cinta dan awal kebahagiaan kalian.

4. Kapan mau pensiun jadi pengagum rahasia? Atau menunggu dia sadar sampai kamu mati rasa?

pengagumrahasia
Sampe kapan cuma mau jadi pengagum rahasia? [google]
Resolusi cinta kali ini bisa diterapkan untuk kamu yang sedang menyukai seseorang, namun tak bisa mengungkapkan. Entah karena dia sudah punya pacar atau karena faktor lain. Entah karena takut ditolak atau karena malu semata. Langkah besar yang bisa kamu lakukan sebagai resolusi cinta tahun depan adalah memulai untuk jujur terhadap perasaanmu sendiri kepada orang yang kamu sukai. Apapun responnya, jujur dengan perasaanmu akan membuat hidupmu di tahun depan akan lebih ringan dijalani. Kalaupun ternyata punya rasa yang sama, kalian bisa mengawali kebahagiaan kalian. Dan kalaupun tak sama rasa, kalian bisa mencari penggantinya. Setidaknya, semua sudah jelas dan kamu tahu apa langkahmu selanjutnya. Tahun depan akan terlihat sangat seru, bukan?

Baca Juga  Balikan Dengan Mantan, Perlukah?

5. Cinta bertepuk sebelah tangan? Itu tandanya cari yang lain, bukan terus-terus memaksakan!

cintabertepuksebelahtangan
Cinta ditolak? Cari yang lain! [google]
Bagi kalian yang sudah menyukai seseorang namun dia tak membalas perasaanmu dengan sepadan, buat resolusi cinta untuk tahun depan sesegera mungkin! Ini sudah pertanda kalau dia tak tertarik dan tak menyukaimu. Alih-alih menganggap sebagai tes dan kamu terus mencoba, lebih baik kamu mencari yang lain. Bukankah cinta tak bisa tumbuh jika dipaksakan? Untuk cinta yang tak berbalas, kamu tak sendirian. Di dunia ini banyak yang mengalami hal tersebut. Berdamailah dengan keadaan dan diri sendiri, perluaslah pergaulanmu, buka hatimu, dan tumbuhkan kembali cintamu kepada orang lain! Walaupun kamu sempat kecewa karena cintamu tak berbalas, kamu tetap layak bahagia!

6. Sudah menjalin hubungan cukup lama, bukankah saatnya mengenalkan ke keluarga?

saatnyamengenalkankeluarga
Kapan mau dikenalin? [google]
Apakah kamu siap membuat resolusi cinta seperti ini untuk tahun depan? Entah kamu baru saja memulai hubungan atau telah membina hubungan cukup lama, mungkin ini sudah saatnya kamu mulai menganggap hubunganmu serius dengan mengenalkannya kepada masing-masing keluarga. Bisa jadi tahun depan adalah saatnya membuat resolusi cinta untuk membuat hubunganmu naik level ke tahap selanjutnya. Mulailah dari hal-hal yang sederhana. Jika hubungan kalian memang serius, segeralah untuk mewujudkannya!

7. Saat hubunganmu kini dipenuhi air mata dibanding tawa, bukankah lebih enak sendiri dulu saja?

lebihenaksendiri
Mau sendiri dulu ajanih? [google]
Resolusi cinta tak hanya soal mendapatkan pasangan. Kadang melepaskan pasangan, juga bisa jadi resolusi cinta yang paling masuk akal untuk kamu yang setahun belakangan lebih sering merasakan sakit daripada senang. Bukankah hal paling bijak adalah pergi, ketika berada dihubungan yang tak dihargai lagi? Ingatlah bahwa semua orang berhak menjalani hubungan yang bahagia. Toh selama ini mungkin kamu sudah cukup sabar dan kompromi, tapi apa daya mungkin solusi terbaik adalah pergi dan tak kembali. Memilih sendiri dan menenangkan diri dari sakit hati selama ini sah-sah saja, kok.

Baca Juga  Tips Mengontrol Belanja, Biar Nggak Kalap!

8. Buat kamu yang LDR ataupun beda keyakinan, semakin kuat bertahan atau inilah saatnya melepaskan?

ldrataubedakeyakinan
Semakin kuat atau semakin sekarat?

Resolusi cinta ini cocok untuk kamu yang punya hubungan LDR ataupun beda agama. Tahun depan adalah untuk memantapkan diri kamu bahwa apakah kamu semakin yakin dan kuat bertahan? Atau terlalu banyak yang dikorbankan sehingga hal paling bijak adalah melepaskan? Apapun pilihannya kembali kepada kalian berdua. Tanyakan juga kembali pada dirimu sendiri, apakah hubungan semacam ini yang kamu inginkan? Apa kamu cukup bahagia dan bisa berdamai dengan keadaan? Jika iya, kamu pantas memperjuangkan hubungan. Tapi jika merasa sudah tak sanggup, jujurlah pada pasangan dan segeralah akhiri hubungan yang tak lagi bisa diperjuangkan. Sudah siapkah?

9. Apakah kamu sudah cukup bangga dengan pacaran? Kapan kamu siap membawanya ke pelaminan?

pacaranlalukepelaminan
Sudah siapkah ke tahap selanjutnya? [google]
Kamu yang menjalani hubungan dalam waktu lama memang patut berbangga. Pacaran hingga bertahun-tahun membuktikan bahwa kamu dan pasanganmu memang punya perasaan, cinta, dan kasih sayang yang besar. Namun, meski sudah berhasil menjalani hubungan pacaran, tidakkah kalian ingin menjajal hubungan di level selanjutnya? Bukankah jika kalian sudah mantap bersama akan lebih baik jika menikah segera? Atau setidaknya melamar? Apapun pilihanmu semua kembali padamu. Jangan terlalu cepat dan jangan pula terlalu lambat. Semua punya prosesnya masing-masing.

Bagaimana tanggapanmu? Dari sekian resolusi cinta di atas, mana saja yang akan segera kamu wujudkan di tahun baru? Apapun resolusimu, semoga kehidupan cintamu di tahun mendatang bisa jadi lebih baik dan membahagiakan, ya! 🙂


Follow Instagram @belajardrcinta
Mau curhat cinta?
Curhat lewat LINE: @belajardrcinta

Kirim keluh kesah kamu ke: bdcinta@gmail.comcurhat@belajardrcinta.com

Comments

comments