628

Senangnya punya pacar! Tapi gimana kalau orangtua tidak setuju dengan pacar pilihanmu? Atau lebih lagi, jika ternyata orangtua melarang pacaran? Tentunya ini akan menyulitkan hubungan kamu sama si dia. Bisa jadi malah kamu disuruh putus saat itu juga. Ga jarang, banyak yang malah pacaran diam-diam.

Trus harus gimana, dong? Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah bicara dengan orangtuamu.

Memang tidaklah mudah untuk bicarakan urusan pacaran dengan orangtua. Pembicaraan secara jujur adalah hal penting yang perlu kamu lakukan dengan orangtuamu. Menyembunyikan hubungan dan menjalani pacaran backstreet justru dapat memperburuk keadaan, dimana kalau ketahuan, justru orangtua akan marah dan tambah melarang kamu untuk berpacaran.

Tiap orangtua memiliki caranya sendiri dalam menghadapi anak, dan terutama menghadapi permasalahan pacaran anaknya. Sebagai anak, kamu tentunya lebih paham gimana cara menghadapi dengan ayah atau ibumu. Kamu bisa bicara dengan mereka secara terpisah, mulai dari yang bisa lebih mendengarkan kamu, misalnya.

Ceritakan bahwa kamu sekarang sedang dekat dengan seseorang dan ingin menjalani hubungan dengannya. Ungkapkan bahwa kamu tau mereka tidak ingin kamu pacaran, makanya kamu ingin meminta restu dari mereka. Pastikan bahwa hal ini tidak akan mempengaruhi nilai sekolah (dan tepati janjimu ini).

Kamu juga harus siap kalau ternyata mereka minta untuk dikenalkan kepada calon pacar/ pacarmu.

Dilarang pacaran sama orangtua

Selain itu, kamu sendiri pun harus siap untuk berkompromi. Mereka bisa saja setuju kamu pacaran, dengan menambahkan aturan ini-itu, seperti batasan jam malam, hanya boleh ketemu di hari tertentu, mempertahankan nilai sekolah, dan lain sebagainya.

Buat kamu mungkin terdengar ga adil dan nyusahin, tapi kompromi adalah cara yang perlu kamu lakukan untuk dapatkan yang kamu inginkan. Jika orangtuamu menawarkan syarat-syarat seperti itu, penting bagimu untuk setuju.

Baca Juga  Ketahui Ladies, Pacar yang Seperti Ini Berpotensi Lakukan KDRT

Sedangkan kalau mereka menolak mentah-mentah keinginanmu, maka dari kamulah yang perlu menawarkan hal-hal tersebut.

Yang paling penting adalah berusaha untuk tetap tenang dan bersikap dewasa. Ngambek, marah, atau mencak-mencak ga akan membantu kamu. Kamu juga bisa memberikan waktu kepada orangtuamu untuk memikirkan penawaran kamu.

Tunjukkan bahwa hal ini penting buatmu dan kamu siap berusaha untuk membuatnya tidak mengganggu bagian hidupmu yang lain. Karena biasanya inilah yang ditakutkan para orangtua.

Jika ternyata kamu sudah berusaha dewasa, sopan, dan siap berkompromi, bisa saja orangtuamu tetap menolak permintaanmu. Jika ini yang terjadi, bersabarlah dan tetap berusaha untuk bicara dengan orangtuamu.

Namun, bagi sebagian orangtua yang tetap bersikeras melarang, kamu juga akan paham bahwa kamu tidak selalu dapat mengubah pikiran mereka.


Follow Instagram @belajardrcinta
Mau curhat cinta?
Curhat lewat LINE: @belajardrcinta

Kirim keluh kesah kamu ke: bdcinta@gmail.comcurhat@belajardrcinta.com


Comments

comments

SHARE