0

Putus cinta. Salah satu pengalaman hidup yang paling menyakitkan. Berapa banyak dari kamu yang sudah mengalami putus hubungan cinta? Baik itu kamu yang mutusin, atau diputusin, tentunya putus cinta mengakibatkan rasa sedih buatmu. Umumnya, putus pacaran memang menyebabkan gejolak emosional dan stress. Hal ini membuat sebagian orang tidak memilih putus dari pacar, meskipun sebenarnya hubungan tersebut sudah tidak baik.

Buat kamu yang ada dalam hubungan buruk dan bingung apakah kamu harus putus, atau bertahan, coba dampak positif yang bisa kamu dapatkan ketika putus dari hubungan cinta yang buruk.

Sakitnya putus cinta tidaklah seburuk yang kamu bayangkan

Ketika memikirkan tentang putus cinta, seringkali kita membayangkan dampak kesedihan yang diakibatkannya secara berlebihan. Meski tentu saja kamu akan merasa sedih dan mungkin mengurung diri beberapa hari, pengalaman putus cinta biasanya justru tidak seburuk yang kamu bayangkan, seberapa pun kamu mencintai pacarmu. Sebuah riset psikologi menyatakan bahwa 10 minggu setelah putus cinta, seseorang menunjukkan rasa sedih yang lebih rendah daripada yang disangkanya. Prediksi kita sebagai manusia akan rasa sedih putus cinta ternyata menunjukkan intensity bias, dimana kita berpikir putus cinta akan memberikan dampak kesedihan yang luar biasa.

Sakit yang dirasakan ketika putus cinta memang bisa bikin kamu sedih banget. Tapi bukan berarti ini adalah akhir dunia, karena sebetulnya rasa sakit yang sesungguhnya ga sesakit itu kok.

Pengembangan diri

 

Pengalaman putus cinta dapat menghasilkan pengembangan diri, dimana kamu belajar untuk membangun dan menjaga hubungan yang lebih baik di masa mendatang. Ketika sebuah hubungan cinta berakhir, apalagi hubungan cinta yang buruk, masing-masing pihak akan mengalami masa pembelajaran untuk lebih memahami apa yang sebenarnya mereka butuhkan dan dapat berikan dalam sebuah hubungan romantis. Disini, kamu juga dapat memahami kelebihan dan kekurangan kamu.

Baca Juga  Fakta Terbaru! Wanita saat Ini Pilih Pria Muda untuk Jadi Suaminya

Jadi lebih bahagia dalam hubungan lain atau hanya sendiri

Bebas Hubungan Buruk

Kita akan lebih mungkin untuk meninggalkan sebuah hubungan apabila ada pilihan lain yang lebih baik untuk membuat kita bahagia. Pikirkan hal-hal positif yang bisa kamu dapatkan, dibandingkan dengan hal negatif yang kamu dapatkan selama ada dalam hubungan cinta yang buruk ini. Kamu harus ingat bahwa kamu berhak untuk merasa bahagia, dengan menjadi diri kamu sendiri dan mencintai apa adanya. Apabila kamu merasa harus berjuang sangat keras dalam sebuah hubungan tanpa ada timbal balik, ada baiknya kamu memikirkan kembali apakah hubunganmu patut dipertahankan.

Buat seseorang yang telah mengalami putus cinta, umumnya akan lebih paham bahwa kebahagiaan adalah hal yang penting, apalagi kalau memang orang tersebut memutuskan hubungan tersebut karena hal negatif yang dilakukan pasangannya, seperti kurang suportif, posesif, atau bahkan kasar secara fisik. Dengan keluar dari hubungan cinta yang buruk, kamu jadi punya waktu dan kesempatan untuk mencari kebahagiaanmu, seperti kesempatan untuk bertemu orang yang mungkin adalah jodohmy yang sesungguhnya!

 

Jika kamu dalam hubungan cinta yang buruk, dan berpikir dampak negatif yang akan kamu alami apabila putus cinta – sedih, kangen, kesepian – ingatlah bahwa rasa sedih yang kamu alami adalah sementara. Kamu juga punya keluarga dan teman di sekelilingmu sehingga kamu pasti tidak merasa kesepian, dan tentunya BDC juga selalu ada buatmu.

 

Kamu berada dalam hubungan yang buruk dan butuh teman curhat? BDC siap dengerin curhatan kamu setiap saat lewat chat LINE, email, atau messenger kami di media sosial.


Follow Instagram @belajardrcinta
Mau curhat cinta?
Curhat lewat LINE: @belajardrcinta

Kirim keluh kesah kamu ke: bdcinta@gmail.comcurhat@belajardrcinta.com

Baca Juga  Inilah 7 Tanda Harus Putus Hubungan

 

Comments

comments

SHARE